Cara Mengamankan Android Yang Sudah Di Root

146 views
cara-mengamankan-android-yang-sudah-di-root.jpg

Kata Rooting atau root mungkin bukan lagi kata yang asing bagi para pengguna android, bahkan hampir setiap orang yang mempunyai smartphone android melakukan root. Rot adalah sala satu cara untuk melakukan pembebasan hak aksek pada smartphone android.

Dengan anda melakukan root, ponsel anda akan dapat menambah, mengedit dan juga menghapus aplikasi secara bebas "Modifikasi Smartphone", bahkan sampai bisa mengedit sistem pada smartphone android anda

Root ini bisa diartikan secara singkat yaitu seperi buka kunci rumah, sehingga pengguna dapat masuk kedalam rumah dan bisa melakukan apa saja. Maka dengan begitu juga rumah anda tidak aman dan retan dengan pencuri karena tidak dikunci.

Maka dengan ini anda akan merasa kuwatir. Namun kekawatiran itu bisa diobati karena ada cara untuk mengamankanya. Caranya bagaimana? Berikut ini cara mengamankan Smartphone Android yang sudah di root.

1. Mengelola Izin Aplikasi atau App permissions

Apabila smartphone anda sudah menjalankan sistem operasi Android Marshmallow, maka akan ada fitur App Permissions yang mendapat izin penginstalan aplikasi jadi lebih intuitif, dimana anda akan mendapatkan pilihan ketika saat hendak melakukan perijinan hak akses aplikasi antara diijinkan atau tidak tanpa harus menginjinkan semua hak akses aplikasi. Contohnya anda bisa memberikan browser Chrome akses ke kamera, tapi tidak untuk akses mikrofon jika anda inginkan.

Rileks kawan, apabila smartphone Android anda belum memakai sistem operasi Android Marshmallow. Anda tetap bisa mengelola setiap akses yang diminta aplikasi dengan menggunakan aplikasi App Ops.

2. Tidak Menginstal Aplikasi yang Tidak Resmi

Hal ini merupakan hal terpenting untuk anda yang punya smartphone android yang sudah di rooting, anda jangan menginstal aplikasi sembarangan apalagi dari situs yang tidak resmi.  Anda sebaiknya download aplikasi dari Google Play Store atau situs web terpercaya seperti jalantikus, APKfun dan lain sebagainya. Kadang kita menginstall aplikasi atau game yang sudah di modifikasi. Tentunya hal seperi itu bisa saja mengandung malware jahat.

3. Jangan Hapus Semua Aplikasi Bawaan

Dengan melakukan root, pengguna smartphone android dapat menghapus dan mengedit semua aplikasi bawaan, termasuk untuk aplikasi bawaan yang tidak pernah dipakai. Hal ini harus hati-hati, karena apabila salah sistem aplikasi android anda terhapus maka ponsel anda akan terjadi bootloop atau kinerja smartphone anda kurang stabil.

4. Memaka Anti Virus

Apabila smartphone Android anda tidak dalam keadaan root, Google mengklaim telah memberitahu bahwa tidak ada gunanya untuk menginstall aplikasi anti virus di Android. Akan tetapi lain cerita dengan smartphone yang sudah melakukan root, bahwa antivirus cukup dibutuhkan guna melindungi sistem keamanan android. Maka dengan itu lakukanlah secara rutin pemindaian pada ponsel smartphone android anda.

5. Lakukan Backup Secara Rutin

Apabila anda salah dalam melakukan modifikasi pada smartphone androidmu maka akan terjadi kerusakan sistem seperti softbrick, bootloop, sampai dengan mati total. So, lakukanlah backup secara rutin. Kamu bisa menggunakan apikasi Titanum Backup untuk melakukan hal ini karena fiturnya yang lengkap. Kamu dapat dengan mudah melakukan backup, memulihkan, memindahkan data aplikasi atau game ke kartu memori, dan lainnya.
Source: www.apk-indoandroid.com

Incoming search terms:

Tags: #aplikasi android

Leave a reply "Cara Mengamankan Android Yang Sudah Di Root"

Author: 
    author