Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Melakukan Root Pada Smartphone Android

Sistem operasi milik Google ini merupakan salah satu sistem operasi yang sangat populer untuk saat ini. Selain dari kecanggihannya, sistem operasi Android ini mempunyai kelebihan yang tidak terdapat pada sistem operasi lainnya.

Sistem operasi android ini bersifat Open Source, berbeda dengan sistem operasi iOS yang bersifat tertutup. Dengan begitu smartphone android dapat didesign sedemikian rupa atau sesuai keinginan anda. Akan tetapi sebelum merubah smartphone android sesuai yang anda inginkan butuh proses yang harus ditempuh salah satunya ialah Rooting.

Rooting merupakan syarat yang paling utama apabila kalian ingin merubah berbagai kecanggihan Android. Root sendiri merupakan suatu system account yang mempunyai kekuasaan mutlak untuk bisa mengakses dan juga mengeksekusi semua file, command, system, yang berada pada sistem operasi berbasis linux. Daam artian anda dapat mengubah, menghapus, menambah, dan bisa saja anda merusak yang telah ada didalam sistem android kita.

Namun sebelum melakukan Root ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan, mari kita simakĀ Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Melakukan Root Pada Smartphone Android dibawah ini.

1. Backup Data

Sebelum anda melakukan root pastikan , ada baiknya anda melakukan Backup Data terlebih dahulu. Memang hal ini tidak terlalu berpengaruh dengan proses Rooting. Namun hal ini sebagai antisipasi apabila anda gagal melakukan root.

2. Resiko Terjadinya Bootloop

Bootloop atau gagal booting dapat terjadi karena anda gagal melakukan root. Meskipun begitu ini bukan kerusakan terhadap hardware, akan tetapi hanya pada software atau sisitem operasi saja. Hal ini dapat anda atasi dengan melakukan flashing.

3. Perhatikan Merk dan Tipe Smartphone

Ketika anda akan melaukan root ada bainkany memperhatikan dulu merek dan tipe smartphone anda, ini dikarenakan banyaknya ponsel series. Dan pada ponsel seris tersebut mempunyai sistem operasi yang berbeda-beda. Untuk itu pastikan dulu merk dan tipe smartphone anda sesuai dengan tutorial yang akan anda ikuti.

4. Bisa Saja Tidak Mendapatkan Pembaruan Melalui OTA

Dengan melakukan rooting, bisa saja ponsel anda tidak mendapatkan pembaruan melalui OTA lagi. Meskipun tidak semua produk mengalami hal seperi ini, akan tapi sebagian besar lainnya belum tentu.

Pembaruan sistem operasi terkadang tidak begitu sering dilakukan oleh para pengembang smartphone android. Akan tetapi apabila smartphone anda mendapatkan pembaruan secara resmi secara berkala dan anda telah terlanjur melakukan rooting, sudah pasti anda akan berpikir 1-10 kali, hehehehe.

6. Garansi Ponsel anda Akan Hangus

Apabila anda melakukan root, garansi pada ponsel anda akan hangus. Namun tidak semua produk memberlakukan aturan sedemikian rupa. Hal itu dibelakukan oleh para pengembang smartphone supaya kalian mengindari rooting.

Pada dasarnya kostumisai smartphone sejati tidak begitu memperdulikan hal ini. Justru mereka akan puas dengan perubahan-perubahan dan kustomisasi pada smartphone android yang sesuai dengan keinginannya.

 

Incoming search terms:

Tags: #ANDROID #News #ROOT

Leave a reply "Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Melakukan Root Pada Smartphone Android"

Author: 
    author