Cara Backup Data Android Yang Aman

245 views
Banner iklan disini

Android saat ini telah merajalela keberadaannya di lingkungan masyarakat. Sifatnya yang multifungsi membuat kita menyimpan beberapa data di dalamnya. Backup merupakan hal yang sangat diperlukan oleh setiap pengguna Android. 

Saat data penting yang tersimpan hilang, kita akan dengan mudah mendapatkannya kembali melalui melalui backup data. Sebagian orang yang tidak mengerti pasti merasa bingung terkait datanya yang hilang. Padahal cara backup data Android itu sangta mudah. Backup data sendiri dapat dilakukan dengan berbagai cara melalui aplikasi yang berbeda-beda. 
Cara Backup Data Android Menggunakan Aplikasi Google Backup
Google Backup merupakan aplikasi bawaan Android yang sudah ada sejak dari pabrik, jadi kita tidak perlu mendowload terlebih dahulu. Backup data Android menggunakan aplikasi ini merupakan cara backup yang termudah, singkat dan aman digunakan. Aplikasi ini dapat digunakan untuk membckup data, pengaturan pada aplikasi dan password WiFi. Cara backup data menggunakan Google Backup yaitu:
  • Membuka Menu Pengaturan/Setting pada Android
  • Pilih Cadangkan dan Reset/Backup dan Restore
  • Maka data yang ada akan tersimpan secara keseluruhan di akun google yang digunakan pada Android
Cara Backup Data Android Menggunakan Aplikasi Titanium Backup
Aplikasi Titanium Backup hanya dapat digunakan untuk Android yang sudah dilakukan root terlebih dahulu. Aplikasi ini merupakan aplikasi terbaik untuk melakukan backup data Android. Kelebihan dari Titaniun Backup yaitu dapat melakukan backup secara rutin dan otomatis sesuai waktu yang kita tentukan. Bahkan kita masih tetap bisa menggunakan aplikasi lain di Android meskipun sedang dalam proses backup. Berikut adalah cara backup data menggunakan Titanium.

  • Sebelum melakukan backup data, terlebih dahulu harus mendownload Aplikasi Titanium Backup di Google Play Store dan memasangnya.
  • Setelah itu, lakukan pengaktifan USB Debugging pada Android dan bukalah aplikasinya untuk memberikan ijin dalam melakukan akses root.
  • Selanjutnya pilih menu Backup and Restore. Akan muncul berbagai pilihan aplikasi yang telah di backup maupun belum. Aplikasi yang telah dibackup akan memiliki ikon senyum, sedangkan yang belum memiliki ikon segitiga.
  • Pilih dan klik pada tombol dengan gambar dokumen, centang pada bagian atasnya. Akan muncul berbagai pilihan opsi backup, pilih sesuai dengan jenis backup yang akan dilakukan seperti data, aplikasi, sisteem dan lainnya.
  • Kemudian, pilih dan klik backup
  • File yang telah dibackup akan tersimpan dengan nama tanggal saat melakukan backup
Cara Backup Data Android Menggunakan Aplikasi Helium – App Sync and Backup
Aplikasi Helium – App Sync and Backup merupakan aplikasi yang dapat digunakan untuk mencadangkan data, sistem maupun aplikasi pada Android yang belum diroot. Aplikasi ini memiliki kualitas ynag sama dengan Titanium Backup. Akan tetapi, kekurangan aplikasi ini yaitu Anda harus memasang aplikasi tersebut pada Android dan juga PC. Berikut adalah cara backup data menggunakan Helium – App Sync and Bacup. Pastikan ap;likasinya sudah terpasang di Android dan PC.
  • Membuka aplikasi Helium – App Sync and Backup.
  • Pillihkan aplikasi yang akan di backup, kalau ingin membackup semua opsi dapat langsung memilih Select All.
  • Pilih dan Klik tombol Backup, maka akan muncul pilihan penyimpanan data hasil bacup baik itu di penyimpanan internal, eksternal, schedule backup maupun cloud storage. Schedule backup berarti Anda dapat mengatur waktu backup, sehingga backup akan dilakukan secara otomatis.
  • File data dan lainnya selesai dibackup.
Nah itulah tadi cara backup data Android dengan menggunakan beberapa aplikasi. Mudah dan Aman kan ? semoga informasi yang saya berikan bermanfaat untuk Anda.

Source: prima88