Cara Memperbarui Sistem Android Tanpa PC Yang Aman

287 views
Banner iklan disini

Android selalu memberikan pembaruhan kepada sistem operasinya untuk memberikan nuansa baru serta kenyamanan bagi penggunanya. Terhitung sudah 8 sistem operasi yang pernah dirilis oleh pihak Android yang uniknya selalu menggunakan nama makanan pada OS-nya sejak sistem operasi generasi ketiga. Sebagai pengguna setia Android tentu Anda selalu ingin merasakan sistem operasi terbaru yang dikeluarkan Android. 

Biasanya pada jenis smartphone keluaran terbaru akan memberikan notifikasi perbaruan OS secara otomatis. Namun pada beberapa jenis ponsel keluaran lama perlu melakukan upgrade OS secara manual bahkan pada beberapa ponsel meminta rooting HP terlebih dulu. Sehingga tak sedikit pengguna yang merasa khawatir saat ingin melakuan perbaruan pada sistem operasi androidnya. Melalui artikel ini Kami akan membahas cara memperbaruhi sistem Android tanpa PC yang aman?
Cara Memperbaruhi Sistem Android Tanpa PC yang Mudah, Cepat dan Aman
Upgrade sistem operasi Android ke versi baru meskipun mudah dan gratis namun tidak selalu berhasil dilakukan. Inilah yang menjadi keraguan beberapa orang yang ingin melakukan upgrade sistem operasi namun gagal ditengah-tengah. Sebaiknya lakukan tips berikut ini sebelum Anda menerapkan cara memperbarui sistem Android:

Sebaiknya tidak menggunakan kuota internet ponsel. Gunakanlah koneksi Wifi yang stabil karena pembaruan membutuhkan banyak kuota internet. Pastikan bahwa koneksi Wifi yang digunakan stabil dan lancar supaya tidak menggagalkan proses.

  •   Pastikan baterai terisi full/ penuh. Jangan sampai pembaruan gagal hanya karena kehabisan daya baterai ponsel.
  •   Pastikan sudah membackup data dengan akun Gmail sehingga akan memudahkan Anda untuk mendapatkan data Anda kembali saat upgrade sudah berhasil.
  •   Pastikan kesediaan RAM mencukupi untuk proses running selama update OS berlangsung (1 GB keatas).
Berikut langkah-langkah untuk memperbaruhi sistem operasi Android:

1. Masuklah ke menu pengaturan pada ponsel Anda, bisa dengan melakukan tap pada logo gear yang    biasanya ada di pojok kanan atas layar menu. 

2. Setelah itu masuk ke menu setting about (tentang ponsel)

3. Kemudian akan muncul opsi update sistem, ubahlah pengaturan pada “download otomatis pembaruan sistem” menjadi “jangan download otomatis pembaruan sistem”. Tujuannya adalah untuk menolak pembaruan otomatis saat ponsel terhubung dengan wifi.

4. Selanjutnya pilih cek OS terbaru yang tersedia dan tunggu beberapa saat

5. Jika ponsel Anda mendukung pembaruan sistem operasi terbaru maka akan muncul opsi untuk menawarkan Anda “apakah ingin melakukan pembaruan sistem”. Klik opsi tersebut.

6. Proses pengunduhan firmware akan berlangsung secara otomatis.

7. Pada kondisi internet yang stabil proses pengunduhan tidak akan memakan waktu lebih dari 10 menit

Perlu menjadi catatan bahwa cara tersebut hanya bisa digunakan untuk ponsel yang support untuk upgrade sistem operasi secara otomatis karena setelan pabrik sudah memberikan fasilitas tersebut. Namun pada kasus smartphone Android keluaran lawas tidak mendukung fitur tersebut sehingga memerlukan rooting ponsel terlebih dahulu yang berarti memberikan hak kepada ponsel untuk melakukan pembaruan tanpa persetujuan pabrik. Perlu diwaspadai bahwa cara rooting bisa membahayakan ponsel seperti mengalami hank dalam waktu lama atau justru mati total. Sehingga upgrade sistem operasi yang aman hanyalah untuk ponsel yang memang sudah memiliki fitur tersebut.
Itulah sedikit informasi untuk Anda sebagai cara memperbaruhi sistem Android ke versi terbaru yang mudah dan aman. Semoga informasi ini bermanfaat.

Source: prima88

Tinggalkan pesan "Cara Memperbarui Sistem Android Tanpa PC Yang Aman"

Penulis: 
    author